Laporan Mokrobiologi "Pengenalan Alat-alat Laboratorium" - KUMPULAN MATERI DAN TUGAS PERKULIAHAN KEHUTANAN

Latest

Belajar Berkarya Untuk Sesama Sebagai Jalan Memberi Manfaat Bagi Orang Banyak. Blog ini semoga berisi artikel-artikel yang berfaedah buat anda.

Thursday, October 8, 2015

Laporan Mokrobiologi "Pengenalan Alat-alat Laboratorium"



LAPORAN PRAKTIKUM
MKROBIOLOGI DASAR
“Pengenalan Alat-alat Laboratorium”
Alat-Alat Laboratorium
1.   PENDAHULUAN
1.1.  Latar Belakang
       Laboratorium merupakan salah satu tempat yang memeiliki peranan penting dalam suatu penelitian dimana mengarah pada percobaan atau pengujian yang biasa digunakan oleh para peneliti maupun mahasiswa. Bekerja didalam laboratorium tidak terlepas dari bahaya, baik dari alat  atau bahan yang digunakan yang terjadi karna kurangnya pengetahuan akan alat-alat yang digunakan dalam praktikum yang menimbulkan bahaya yang berisiko tinggi bagi para praktikan yang sedang melakukan praktikum. Salah satunya adalah laboratorium mikrobiologi.
        Mikrobiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang mikroba yang memiliki ukuran yang tidak dapat dilihat dengan kasat mata melainkan menggunakan alat bantu,supaya dapat menentukan dan dapat mengamati mikroba yang kemudian dikembangkan menjadi sebuah penelitian yang dapat digunakan pada pengolahan hasil perikanan maupun industri pertanian oleh sebab itu dibutuhkan pengenalan alat. 
       Pengenalan alat sangat penting untuk kelancaran praktikum selanjutnya.  Dalam penggunaan alat-alat laboratorium untuk praktikum diharuskan memiliki pengetahuan dan kemampuan yang cukup, demi kelancaran sebuah praktikum.
    
1.2.  Tujuan
        Tujuan pengenalan alat-alat laboratorium  adalah.
Dapat mengenal jenis peralatan yang digunakan dalam praktikum serta dapat mengetahui fungsi jenis peralatan yang digunakan dalam praktikum.

II.   TINJAUAN PUSTAKA
       Laboratorium ialah suatu tempat dimana dilakukan kegiatan kerja untuk mernghasilkan sesuatu. Tempat ini dapat merupakan suatu ruangan tertutup, kamar, atau ruangan terbuka, misalnya kebun dan lain-lain.Berdasarkan definisi tersebut, laboratorium adalah suatu tempat yang digunakan untuk melakukan percobaan maupun pelatihan yang berhubungan dengan ilmu fisika, biologi, dan kimia atau bidang ilmu lain, yang merupakan suatu ruangan tertutup,kamar atau ruangan terbuka seperti kebun danlain-lain (Sukarso.2005).
      Laboratorium adalah unit penunjang akademik pada lembaga pendidikan, berupa ruangan tertutup atau terbuka, bersifat permanen atau bergerak, dikelolah secara sistematik untuk kegiatan pengujian, kalibrasi, dengan menggunakan metode dan bahan berdasarkan metode keilmuan tertentu, dalam rangka pelaksanaan pendidikan, penelitian, dan/atau pengabdian kepada masyarakat (permenpana. 2010).
         Bekerja di laboratorium adalah suatu hal yang melibatkan benda nyata dan juga mengamati perubahan yang terjadi. Ketika sains bergerak melampaui dunia pengalaman menuju generalisasi yang lebih abstrak yang memungkinkan penjelasan dan peramalan, pengalaman secara dekat adalah titik awal untuk generalisasi ilmiah dan pembuatan teori. (Wahyudi,2011)
pada laboratorium mikrobiologi masih ada sejumlah alat yang khusus antara lain : autoklaf, oven, mikroskop, jarum ose (inokulum), jarum preparat, gelas objek, kaca penutup, keranjang kawat untuk sterilisasi, inkubator untuk membiakan mikroorganisme dengan suhu tertentu yang kostan, spektrofotometer untuk mengukur kepekatan suspensi atau larutan,penangas air untuk mencairkan medium, magnetik stirrer untuk mengaduk, dan tabung durham untuk penelitian fermentasi (Alfi, 2013)

III.   METODOLOGI PRAKTIKUM
3.1. Tempat dan Waktu Pelaksanaan
Pada pelaksanaan pengenalan dilaksanakan di laboratorium Unit Bioteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Halu Oleo pada hari Jum’at,  2 Oktober 2015 pukul 15:30 WITA – selesai.
3.2.  Bahan dan Alat
Alat yang digunakan pada praktikum pengenalan adalah.Gelas kimia, gelas ukur, tabung reaksi, erlen meyer, hot plate, pipet, sikat tabung, sentrifuse, loupe, cawang petri, cultur  chamber, mikroskop cahaya, lampu bunsen, jerum ose, timbangan analitik, autoclave, dan shaker water bat.
3.3.  Prosedu Kerja
Prosedur kerja yang dilakukan pada praktikum pengenalan ini adalah 
1. Mengenal alat-alat laboratorium.
2.  Mengetahui fungsi dari alat-alat laboratorium tersebut.
3. Mengambil gambar untuk di dokumentsikan.


IV.   HASIL DAN PEMBAHASAN
4.1.  Hasil
Hasil dari pengamatan praktikum ini adalah :
NO.
Nama Alat
Gambar
1.
Gelas ukur
2.
Erlen meyer
         
           
3.
Hot plate
            
           
4.
Pipet mikro
           
           
5.
Shaker water bath

          
6.
Cultur chamber
           
          
7.
Timbangan analitik
          
          
8.
Mikroskop
        
             
9.
Autoclve

10.
Loupe
          
           
11.
Jarum ose
           
           
12.
Sentrifuse
           
           
13.
Sikat Tabung
          
                

14.
Lampu bunsen
            

             

15.
Tabung reaksi
                 
16.
Cawan petri

                 
 


4.2.  Pembahasan
`Pada praktikum pengenalan alat-alat laboratorium membahas alat-alat yang digunakan dalam praktikum Mikrobiologi Dasar.Sebelum masuk pada praktikum berrikutnya pertama diperkenalkan beberapa alat laboratorium, diantaranya gelas kimia, gelas ukur, pipet mikro, tabung reaksi, sikat tabung, sentrifuse, loupe, cawan petri, cultur chamber, mikroskop cahaya, lampu bunsen, jarum ose, timbangan analitaik, autoclave, dan shaker water bath.
Gelas kimia adalah suatu wadah tempat penyimpanan larutan selain digunakan sebagai wadah gelas kimia juga digunakan untuk memanaskan larutan dengan ukuran 100-500 ml.Gelas ukur memiliki fungsi mengatur takaran zat kimia atau larutan dalam bentuk cair dengan ukuran 15 ml,100ml, dan 1500 ml.Pipet mikro  adalah alat yang digunakan untuk mengambil larutan yang ukurannya lebih teliti.
Tabung reaksi  terbuat dari kaca digunakan untuk mereaksikan zat-zat kimia dalam jumlah sedikit dengan pelaksanaan tabung reaksi yang sudah berisi larutan dipanasi api secara langsung atau tidak langsung dengan menggunakan penjepit tabung sebagai pegangannya.Sikat tabung adalah alat yang digunakan untuk membersihkan tabung reaksi yang dimana bulu sikatnya terbuat dari kawat halus.
Sentrifuse merupakan alat yang berfungsi untuk memisahkan partikel padat pada cairan yang digerakkan olehh motor listrik. Loupe adalah alat yang terdiri dari sebuah lensa cembung yang berguna untuk memperbesar benda benda kecil sehingga nampak lebih besar dan jelas. Cawan petri adalah sebuah wadah yang berbentuk bundar dan terbentuk dari bahan plastik dan kaca yang mempunyai ukuran berbeda-beda yang digunakan untuk membiakkan sel dan juga untuk mengkultur bakteri dan spora atau biji-bijian dan digunakan hanya satu kali. Cultur chamber alat untuk memeran mikroba pada suhu yang terkontrol dan dilengkapi dengan pengatur suhu dan waktu serta didalam laboratorium mikrobiologi digunakan untuk menumbuhkan ragi dan jamur dan menyimpang biakan murni mikroorganisme pada suhu rendah. Mikroskop cahaya brfungsi untuk memperbesar objek 4 hingga 24 kali sehingnga mempermudah pengamatan pada objek yang tidak dapat dilihat oleh mata telanjang. Lampu bunsen berbahan bakar spiritus yang digunakan untuk sterilisa panas dan mempertahankan sterilisasi ruang inokulasi, isolasi dan transfer mikroba.
Jarum ose merupakan yang berupa kawat baja dengan berujung membulat digunkan untuk mengambil mikroba yang diingkubasi dan diisolasi atau di transfer ke media kultur lain. Timbang analitik adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mengukur massa suatu benda dengan akurasi sampai 0,0001 gram dan mempunyai penutup yang terbuat dari kaca. Autoclave adalah pemanasan tertutup yang menggunkan uap bersuhu bertegangan tinggi. Shaker water bath adalah alat yang digunakan untuk menghomogenkan larutan.

V.   PENUTUP
5.1.  Kesimpulan
       Berdasarkan pengamatan yang dilakukan disimpulkan bahwa mahasiswa dapat mengetahui jenis alat-alat laboratorium yang digunakan dalam proses praktikum untuk memudahkan proses praktikum berikutnya. Sebagian besar alat-alat yang ada laboratorium terbuat dari kaca. Selain itu pada hasil pengamatan ini mahasiswa dapat mengenal alat-alat laboratorium yang digunakan serta dapat mengaplikasikan alat-alat laboratorium.
5.2.  Saran
       Saran saya pada praktikum kali ini adalah agar didalam perawatan alat-alat laboratorium lebih diperhatikan oleh praktikan sehingga alat-alat laboratorium dapat digunakan dalam kurung waktu yang lebih lama.

DAFTAR PUSTAKA
Sukarso.2005.pengertian dan Fungsi Laboratorium.
               http//wanmustafa.wordpress.com.(Diakses jumat 2 Oktober 2015).
Permenpan.2010. Mikrobilogi Tanah. Rhineka Cipta: Jakarta.
Wahyudi. Adi Ribut. 2011. “Pengajaran Sains di Laboratorium”.
                  http://www.yudhiart.com
                 (Diakses jumat 9 Otober  2015).
Alfi. 2013.Praktikum Mikrobiologi .http//muhammadalialfi.com.(Diakses jumat , September 2015)

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak sesuai topik pembahasan